30DBlog: 10 Makanan Favorit

Hari ke 11 ini mau bahas makanan favorit! Sebagai orang yang menikmati kuliner agak susah juga memilih 10 jenis makanan yang jadi favorit. Karena di lidah ini cuma ada enak dan enak banget.

Sepertinya karena saya lama berada di Jawa Tengah, maka makanan yang akan jadi pilihan favorit ya menu masakan Jawa. Tapi sebelumnya, ditakar dulu ya karakter favoritnya yang gimana. Sepertinya pas kalau makanan yang kalau disajikan setiap hari selama sebulan, rasa bosan baru akan datang atau mungkin belum ada tanda datang.

1. Nasi

Pertama yang sangat klasik dan paling dikenal seluruh bangsa tanah air, iya nasi. Saya senang dengan nasi terutama nasi putih. Sepanjang ingatan, sangat jarang sekali saya menemui titik kebosanan pada nasi.

Mungkin ada yang merasa nasi putih tidak sehat. Saya sudah pernah mencoba nasi merah, tapi karena karakternya yang berbeda membuat maag kambuh. Pun dengan porsi yang sama dengan nasi putih, ketika makan nasi merah masih kerasa lapar, jadi semakin banyak makan nasinya sampe begah. Tapi itu kasus di perut saya, mungkin di perut yang lain beda.

2. Telur Ceplok

Duh, saya tidak tau istilah lainnya telur ini. Telur goreng yang kuningnya matang dan tidak pecah dengan sedikit ataupun tanpa taburan garam. Itu sudah jadi nikmat luar biasa untuk saya, apalagi kalau diolah jadi balado atau telur kecap.

3. Tempe Mendoan

Sajian tempe satu ini sangat nikmat jika disantap saat masih panas, dengan cabai rawit, apalagi saat cuaca mendung. Perpaduan tepung, bawang putih, garam, ketumbar dan irisan daun bawang semakin membuat tempenya jadi spesial.

4. Ayam Goreng Bumbu Kuning

Idealnya pakai ayam kampung, tapi ayam standar saja sudah pasti enak. Belakangan masakan ini jadi favorit saya. Digoreng tak terlalu garing dan bumbunya meresap sempurna pada daging ayam pas banget dinikmati dengan nasi dan sambal.

5. Nasi Liwet

Sajian ini mudah ditemui di Jawa Tengah, biasanya dijajakan pagi atau malam hari. Saya senang menikmati gurihnya sayur labu siam dan lembutnya nasi liwet. Cocok dinikmati bareng the panas.

6. Daging Sapi Rebus

Oke, ini agak aneh. Saya suka menikmati daging sapi rebus yang diiris-iris. Biasanya merebus daging sapi merupakan tahapan yang dilalui untuk memasak empal. Tapi ya saya senang menikmatinya meski baru selesai direbus.

7. Sosis Solo

Jajanan pasar ini sangat enak untuk dicemil atau dijadikan lauk. Isinya yang gurih pas banget dan bikin nagih. Cuma ya sulit menemukan di luar Solo, pun membuatnya sedikit repot.

8. Klepon

Bundar-bundar berwarna hijau. Jajanan pasar satu ini jadi favorit saya sejak kecil. Sensasi gula jawa cair yang meletus di dalam mulut itu tak tergantikan.

9. Karak

Terbuat dari beras dengan tekstur ya mirip-mirip kerupuk. Biasanya berbentuk persegi panjang besar setelapak tangan. Saya suka karak yang gosong, rasanya lebih kriuk dan jarang keras.

10. Sate Buntel

Kreasi sajian kambing satu ini memanjakan lidah banget. Kalau tidak salah, sate buntel terbuat dari daging kambing giling dengan bumbu dan dibalut (dibuntel) dengan lemak. Duh ini bikin nagih banget!

Ok, sekian cerita 10 makanan favorit yang mungkin juga jadi favorit kamu. Atau barangkali bisa jadi inspirasi kuliner saat ke Jawa Tengah.

30 Day Blogging Challenge

Leave a Reply