30DBlog: Cerita di Balik Nama Blog

Setelah sekian lama, akhirnya membahas lagi mengenai nama blog saya. Namun bedanya ingatan tentang kisah nama ini agak pudar-pudar di kepala, sudah tidak segar lagi. Nama RIUUSA saya gunakan tak hanya untuk blog tapi juga sebagai identitas di media sosial hingga kini.

Dulu kala ceritanya waktu awal berkenalan dengan blog nama ini lahir. Jaman 2000an awal sepertinya. Sebelumnya saya menggunakan beragam nama sekenanya, kebanyakan merupakan anagram dari nama sendiri. Kalau diingat cukup lebay juga sih pilihan nama sebelumnya.

Saya melewati masa ganti-ganti nama dengan perpaduan angka dan huruf (depan;belakang;tengah). Pernah juga memadukan bahasa Inggris, dicari yang terdengar seperti nama saya jika diucapkan. Jaman masih SMP-SMA bahkan sempat pakai nama berbau Jepang karena sedang gandrung dengan J-pop.

Semua nama tak bertahan lama, selain susah diucapkan dan dituliskan juga, intinya masih kurang sreg. Setelah sekian lama mencari, terpikir untuk mencari nama yang relatif lebih sederhana dan mudah diucapkan. Lahirlah RIUUSA, yang merupakan anagram dari nama sendiri.

Riuu diambil dari 3 huruf depan nama, Double U merupakan pengucapan huruf W dalam bahasa Inggris yang secara harafiah saya tulis UU. Sa ialah bagian dari dua huruf depan nama belakang. Sederhana dan tidak ribet kan, pun penggucapannya mudah kok “ri-u-sa”.

Tidak ada yang salah dengan nama asli saya. Sejujurnya saya bangga dengan nama asli yang termasuk jarang dipakai di Indonesia. Tapi nama saya merupakan bagian dari sebuah kata yang umum dalam bahasa Indonesia. Terkadang saya lelah untuk menerangkan; memberikan emosi di wajah; yang menunjukkan saya tidak suka nama dikaitkan dengan sebuah kata lain.

Jadilah ‘riuusa‘ identitas yang saya gunakan semenjak akhir SMA-awal kuliah di dunia maya. Saya pun memutuskan untuk menamai blog saya dengan identitas ini. Pun ketika berkenalan dengan para warganet secara langsung atau offline lebih gampang pakai nama ini.

Percayalah, saking lebih mudahnya identitas ini diucapkan, banyak yang percaya jika nama asli saya adalah Riuusa dan nama lahir merupakan nama alias. Sampai tulisan ini dibuat, saya sedang dalam proses menambahkan nama belakang untuk identitas ini. Tapi masih dipikiri aja sih.

Sekian cerita tentang nama blog yang merupakan identitas saya sebagai warganet dan telah dipakai sejak awal bersentuhan dengan blog.

panggil saya ….. riuusa

30 Day Blogging Challenge

Leave a Reply