30DBlog: Pekerjaan Impian

Merenungkan sejenak tentang ambisi-ambisi masa muda tentang mata pencaharian. Begitu banyak daftar keinginan pekerjaan yang saya ingginkan dari kecil hingga dewasa. Yang pasti dari kecil saya tidak menjawab ‘dokter‘, ‘polisi‘, atau ‘presiden‘ saat ditanya cita-cita.

Seiring dengan berkembangnya diri, bertambahnya pengetahuan, dan meluasnya pergaulan pilihan pekerjaan impian pun jadi banyak. Rasa-rasanya ingin semua didapatkan. Namun yang namanya realistis dengan kemampuan otak kadang berbanding terbalik dengan harapan. You know what I mean.

Kurang lebih, saya sudah mendapatkan beberapa pekerjaan impian masa lalu. Karena memang tidak menutup kemungkinan kamu bisa menjalani banyak pekerjaan meski itu di luar dari ilmu yang dipelajari selama kuliah. Coba ya dirunut pekerjaan-pekerjaan impian yang ternyata sudah saya jalankan.

1. Penulis

Secara resmi, pekerjaan saya adalah penulis di salah satu situs online. Sejak berkenalan dengan puisi dan sajak waktu SD, impian saya berkelana seandainya kelak saya bisa menjadi penulis yang tulisannya bisa dibaca. Jalan hidup pun membawa saya mewujudkan impian jadi penulis.

2. Desainer

Pada awal SMA mungkin keinginan menjadi desainer semakin membesar. Secara tak sadar saya pun diarahkan untuk belajar tentang desain di jurusan DKV. Mempelajari ilmu desain, sejarah, konsep, hingga etos kerja desainer.

Meski pekerjaan saya seorang penulis, saya juga seorang desainer yang jasanya digunakan. Meski ya sangat berat banget persaingan di dunia kreatif. Saya pun sempat merasakan bagaimana sebuah karya itu masih dihargai minim, layaknya desain grafis = desain gratis.

3. Bekerja di Event Organizer

Siapa yang menyangka jika kuliah kerja nyata menyeret saya untuk berkenalan dengan dunia Event Organizer. Mengenalkan saya bagaimana bekerja di lapangan, berhadapan dengan banyak orang, memeras tenaga.

Itu tadi pekerjaan impian yang sudah berhasil saya jalankan selama ini. Tapi tenang saja, masih ada beberapa pekerjaan yang masih sebatas impian, atau mungkin kelak jadi nyata. Ini agak sedikit muluk, namun siapa yang akan menyangka jika suatu saat bisa saya dapatkan:

1. Pelukis

Belajar di bidang seni, membuat saya berkenalan dengan banyak hal termasuk lukisan. Sering mengunjungi pameran seni lukis waktu masih kuliah membuat saya sempat berpikir ingin jadi seorang pelukis. Namun sampai saat ini saya belum menemukan kesempatan untuk dedikasi sebagai pelukis dalam diri saya.

2. Novelis

Menjadi penulis pasti tak lepas dari harapan ingin membuat sebuah karya. Salah satunya adalah novel. Sebenarnya cita-cita untuk punya novel sendiri sudah hadir sejak SMP-SMA. Ingin rasanya melihat buku buatanmu berjajar di toko buku. Untuk bagian ini saya masih minder, bahkan untuk memulainya.

3. Dosen

Hidup dalam lingkungan yang mengedepankan pendidikan membuat saya sempat berpikir untuk menjadi seorang guru. Ketika mengenal bangku kuliah dan bebincang dengan para dosen, saya menyadari jika menjadi seorang dosen bukan hal yang mustahil. Dan dosen juga merupakan seorang pengajar, ga beda jauh sama gurulah ya. Tapi balik lagi, saya belum mendapatkan momen yang tepat untuk memulainya, jadilah cuma impian dulu.

Itu tadi beberapa pekerjaan impian saya yang sudah berhasil didapatkan dan pekerjaan yang masih sebatas impian. Semoga menghibur.

30 Day Blogging Challenge

Leave a Reply