Dear Beloved Socmedfest

Acara yang disebut sebagai pesta penggiat media sosial di Indonesia pada tahun ini telah tiga kali terlaksana. Saya masuk ke dalamnya baru ke dua kali. Social media Festival telah berlangsung 12-13 Oktober 2013 dengan meriah dan sukses. Namun, moment penutupan kemarin menjadi saat yang cukup getir, karena nyatanya ini adalah acara terakhir.

Saya menyaksikan pertunjukan penutupan dari Socmedfest ini dengan senyum, sembari membayangkan dulu pertamakali ‘diseret’ ikut andil membantu acara tahun lalu. Dan kini berdiri di acara yang sama pada tahun berikutnya menyaksikan keriuhan pengisi acara yang sama. Iya saya sedih berpisah dengan acara ini, tapi saya juga senang acaranya berlangsung sukses.


Ikut bergabung dalam persiapan baru dua minggu, memang tidak selama yang lainnya. Tapi dua minggu itu setiap jamnya cukup menekan, deadline di mana-mana. Lembur tiap malam, edit sana edit sini. Melelahkan sekaligus menyenangkan.

Ketika mengingat pertama kali saya ikut mempersiapkan acara serupa yang dibuat oleh awak Langsat, itu menjadi moment paling melankolis. Sempat heran bagaimana saya bisa selamat dari deraan deadline dan kembali takjub dengan lancarnya acara. Ajaib! Semuanya ajaib bagi saya, tiba-tiba namun terlaksana juga.

Pertama kali saya dipapar tentang acara Social Media Festival, susah mengerti ini acara untuk apa dan buat apa diadakan. Masa itu mungkin darah social media saya belum terlalu mencampur dengan baik. Berterimakasih kepada orang yang ‘menyeret’ saya dalam acara ini, benci-benci-tapi cinta. Saya belajar banyak, dari bagaimana mengoptimalkan social media, berkenalan dengan penggerak social media, mengetahui ratusan komunitas yang ada di social media. Dan yang penting menangani acara besar dengan tim kecil.

Social Media Festival pertama pada tahun 2012 lalu diadakan di outdoor. Kebayang bagaimana panasnya Senayan kala itu membakar semangat. Seru! Bertemu dengan teman-teman yang sebelumnya hanya bisa berjumpa lewat internet. Kopdar panas bareng orang-orang yang lama tak jumpa. Kenal juga dengan komunitas yang ikut dan tentunya menikmati hiburan di panggung besarnya.

Pada tahun ini, lebih adem karena masuk Mall. Persiapan yang sangat ketat. Tahun ini saya bisa menikmati seluruh acaranya. Bertegur sapa dengan banyak teman, yang sekali lagi biasanya hanya lewat social media dan jarang bertemu. Makan enak…errr gratisan. Kopdar dengan teman komunitas baru, rasanya seperti baru sekali kopdar, deg-degan.

Banyak obrolan juga saya dapatkan dari Social Media Festival 2013 ini. Obrolan absurd, ngangenin hingga serius. Bertemu dengan teman baru atau lama ternyata memang menyenangkan. hahahaha ngehnya telat.

Iya saya kangen kumpul-kumpul!
Socmedfest, saya terima jika tahun ini jadi yang terakhir. Memang begitu adanya. Tidak menyesal datang ke acara ini dan menikmati penuh acaranya. Jika tak diikhlaskan juga…ah rasanya saya juga tidak sanggup mengulang tahap-tahap melelahkan sebelum acara.

Terimakasih untuk segala gegap gempitanya tahun ini, terimakasih untuk mempertemukan saya dengan orang-orang yang lama tak ditemui, terimakasih untuk semuanya.

~tiba-tiba saya merasa gagal melodrama..tulisan ini serius banget~
sekian *pamit mundur*

Leave a Reply