blogger camp indonesia

Secuil Keseruan Blogger Camp di Hari Blogger Nasional

Rupanya sudah lama saya jadi Blogger. Menulis blog sudah sejak dari 2008, yah hampir 5 tahun sudah sejak awal saya ingin curhat di media online. Menjelang peringatan Hari Blogger Nasional, saya ikutan acara bersama-sama para blogger (wilayah Jakarta dan sekitarnya), Blogger Camp. Kapan lagi bisa berkumpul bersama sesama manusia yang punya kegemaran menulis di media online – blog – ya kan?

Mengenal Acara Seru Sebagai Blogger

blogger camp indonesia

Saya diajak untuk ikutan acara kumpul blogger oleh seorang teman. Yang terpikir itu ya sudah semacam kopdar paling. Ternyata bukan, acara Blogger Camp ini saya harus menginap 2 hari 1 malam dan di sebuah tempat di Bogor. Mungkin mirip seperti acara beberapa tahun silam, Sharing Keliling, di mana para pesertanya disarankan untuk menginap untuk mengikuti acara.

Acara ini (kurang lebih menurut pengetahuan saya) memang jadi salah satu tempat untuk berkumpul bersama. Diadakan di empat kota di Indonesia: Jakarta, Surabaya, Purwokerto dan Makassar. Keren ya, ada empat acara sekaligus dalam sehari. Mengumpulkan blogger, bergembira bersama, sharing ilmu soal blog dan pastinya ada banyak kontes. Yang diselenggarakan dalam rangga menyambut Hari Blogger Nasional pada 27 Oktober 2015. Yah, sebagai blogger boleh semua merayakan ulang tahun bersama-sama 🙂

Tahu ga kalo buat menghadiri acara Blogger Camp ini tuh gratis, ya hanya modal datang aja ke lokasi meeting point. Lalu sisanya sudah diurus sama panitia, para blogger tinggal duduk manis dan mengikuti rundown saja. Enak kan? Nyesel kalo ga ikutan. Acara ini sih penuh dengan beragam sponsor seperti seperti Indosat Love, Sunpride, Blue Bird, Uteesme, Qwords dan Net Mediatama. Kalau ga ada mereka mungkin ga akan ada nih Blogger Camp yang datang gratisan seperti ini.

Cuplikan Blogger Camp di Bogor

pembukaan blogger camp

lokasi hotel haris

Blogger Camp dimulai pada 26 Oktober 2015 di hotel Haris Tebet. Perjalanan ke Tebet itu jauh ya dari Kebayoran Baru, meski naek ojek, saya sempet mau tidur di jalan dan pantat sudah tepos. Sampai di sana, regristrasi ulang dulu (karena regristrasi selalu di depan, yang di belakang adalah penyesalan). Kami dikumpulkan untuk kata sambutan dari panitia dan sponsor. Lalu diajak berkeliling hotel Harris Tebet.

perjalanan ke blogger camp

Perjalanan ke Hulu Cai dengan bus, dari Jakarta kurang lebih dua jam. Dalam perjalanan ke camp, ada beberapa kuis untuk membunuh waktu. Saya, tidur saja karena lelah. Jalan menuju lokasi cukup berliku, kecil dan mepet banget untuk sebuah bus masuk.

saya di blogger camp

Sesampai di lokasi, Hulu Cai, kami diangkut dengan mobil untuk menuju ke lokasi perkemahan. Woa, rasanya dong berliku-liku dan menegangkan! Berasa seperti naik rollercoaster, naek turun gitu, semua orang teriak-teriak ketakutan. Ihihihihihi ini kalau mau melarikan diri dari lokasi agak susah, lumayan jauh dari gerbang utama dan dari gerbang utama juga jauh dari peradaban angkot. Yah oke mari pasrah saja dimasukkan dalam camp!

lokasi blogger camp

Kami istirahat makan dulu karena lapar! Kenalan dengan beberapa orang baru itu menyenangkan ya, mengetahui beberapa hal yang belum saya dengar. Ramah tamah yang jarang saya temui kalau di Jakarta. Para peserta dibagi dalam tenda-tenda, yang diisi 3-4 orang. Iya kami tidur di tenda dengan sleeping bag!

api unggun di blogger camp

Dari Jakarta ke Bogor, acara pertama adalah API UNGGUN. Di malam yang dingin kami berapi unggun bersama, mendengarkan lagu akustikan dan diskusi singkat. Cuplikan tentang diskusi yang ada di hari ke-2 tentang kredibilitas blog. Ples belajar tentang cityzen journalist oleh Net Media, diajari cara-cara bikin video yang bisa jadi berita dan ditayangkan di televisi.

Setelah ini…mau nulis soal materi pembicara ah, biar ga panjang postingannya :))

Berikut ini beberapa postingan blog lain terkait Blogger Camp dari teman-teman blogger, siapa tau kamu mau baca:

2 thoughts on “Secuil Keseruan Blogger Camp di Hari Blogger Nasional

Leave a Reply