Mau Tidur

Siapa yang sering merasa insomnia? *pasti banyak sih yang merasa insomnia*
Kemarin pas ikutan obrolan langsat, agak lama sih, 29 Maret kalo ndak salah. Pas itu lagi bahas tentang tidur, sebuah kegiatang yang ruting dilakukan. Banyak pengetahuan tentang tidur yang baru aku tau..seperti, insomnia itu baru gejala Sleep-apneal atau gangguan tidur…gejala doang.
Oke bahas mengenai Insomnia. Aku pun sering menandai insomnia itu ya ndak bisa tidur pas lewat jam 12 malam. Udah panik aja gitu kalo tidak bisa tidur jam sekian. Menurut pakarnya tidur, sebenarnya otak remaja-dewasa dibawah 30 tahun itu lagi segar-segarnya malah pas jam 10-11 malam dan akan merasa mengantuk ketika jam 1 pagi. Tapi dalam lingkungan masyarakat kita, jam tidur kita dipaksa untuk sesuai irama jadwal sekolah.

Kita harus bangun pagi buat sekolah atau kuliah kan, dan seringnya orang tua kita pasti akan menegur kalo jam 10 belum tidur. Menurut dr. Andreas, pembicara obsat kemaren, dianjurkan anak belajar jam 10-11 malam. Ya tapi ya gimana… anak sekolah toh harus sekolah pagi dan ndak boleh ngantuk di kelas kan.

Sleep-apneal atau gangguan tidur yang dibahas cukup detil adalah mendengkur. Menurut pak dokter, mendengkur ini bisa sangat bahaya. Pada kasus gangguan tidur, mendengkur yang berbahaya adalah ketika saluran nafas tersumbat sejenak. Jadi kalo mendengkurnya udah kaya tidak bisa nafas tu bahaya, karena kalo kita mendengkur seperti itu…kita sedang menghadapi kematian. *kok serem*
Untuk anak-anak… coba di cek deh adek-adeknya apa dia tidur mendengkur, karena biasanya anak yang tidur mendengkur cenderung hiperaktif dan susah konsentrasi dalam sekolahnya. Mendengkur bagi kita orang asia akan berakibat… obesitas, hipertensi dan gula darah naek. Kalo ndak percaya coba tanya saja sama dr. Andreas via twitter di (@prasadja).
Eh ya satu lagi… untuk seorang remaja-dewasa di bawah 30 tahun, tidur itu normalnya 6-8 jam.. 10-12 jam juga masih lumrah kok. Karena kata pembicara kemaren, kalo memang tubuh kita membutuhkan tidur segitu banyaknya ya apa mau dikata dari pada kita tidak cukup tidur lalu waktu kerja/sekolah malah ngantuk-ngantukan terus. Tidak ada yang namanya kebanyakan tidur :)) dan salah satu ciri orang yang tidurnya kurang adalah ngantuk pas siang hari.
Cuma ya kalo di masyarakat kita tidur segitu lamanya agak tabu gitu ya 😀

Leave a Reply