Mengenang Kiprah Sebagai Blogger

“Kamu Blogger?”, dulu ketika pertanyaan itu dilontarkan, saya akan dengan bangga menjawabnya. Sekarang pun masih bangga, tapi ciut nyali ketika ditanya kapan terakhir menulis untuk blog. Karena pada kenyataannya, satu bulan sekali menulis untuk blog saja sudah sangat hebat bagi saya. Iya, belakangan ini saya mulai sok sibuk, mengabaikan nge-blog di blog pribadi ini.

Tiba-tiba saya muncul dan langsung mengangkat topik tentang Blogger, karena hari ini di 27 Oktober 2014 merupakan Hari Blogger Nasional. Membuat saya mengenang kembali bagaimana kiprah (ini kalau bahasa seriusnya) menjadi seorang Blogger.

Awal Karir di Dunia Blog

Pada awalnya…ah semua berawal dari keseringan nongkrong depan komputer dengan jaringan internet. Saya mulai menelusuri dari satu laman ke laman lainnya. Namun karena sudah lama, saya lupa dari blog siapa akhirnya tergerak untuk membuat halaman blog pribadi ini. Kalau diintip dari tanggal data yang ada di sini, saya mulai menulis sejak 2008. Ya, telah beberapa tahun lah kalau dibandingkan dengan berbagai sesepuh yang saya kenal.

Dulu itu masih jamannya Friendster, saya suka menulis blog di sana. Namun karena tidak puas dengan tampilan dan setting-an blog-nya maka mencoba mencari gratisan lain. Maklum, masih belum kuat membeli domain sendiri kala masih kuliah (tsaah). Bertemulah dengan Blogspot, produk dari Google ini. Meski ada banyak kekurangan, tapi saya belum bisa benar-benar move on dari platform blog ini, padahal saya juga membuat beberapa blog di berbagai tempat gratisan lainnya. Ceritanya mengamankan nama.

Sama mungkin alasan kenapa saya senang dan hobi serta aktif nge-blog, karena bisa berbagi banyak hal dalam tulisan. Dulu (dan sampai sekarang) saya tidak punya spesialisasi khusus, semua hal yang menurut saya menarik dan ramai di kepala akan ditulis di blog ini. Kalau jaman-jaman masih muda, saya senang curhat (sekarang juga masih senang), segala hal saya curhatin di sini. Makin ke sini, saya mulai menuliskan hal-hal yang saya gemari, makanan atau Kpop.

Saya dan Blog saya bukan termasuk Seleb di dunia maya, jadi prestasi dalam masa kejayaan saya paling ya visitor tembus ratusan dan komen masuk dua puluh dalam satu post saja. Itu dulu. Sekarang ini mungkin akan sangat sulit sekali untuk meraih itu kembali, meski saya belum pensiun. Kalau kata-kata klisenya, sulit bersaing dengan generasi baru yang lebih belia dan renyah.

Kejutan Selama Jadi Blogger

Nah, satu yang unik dan tak saya duga-duga adalah mendapatkan banyak teman dan kenalan dari Blog. Ketika jaman itu, handphone saja belum punya, koneksi saja mampir ke warnet. Namun dengan keterbatasan semacam itu, saya bisa bertemu dengan banyak orang-orang hebat. Awalnya dari senang aja berbagi di blog ini lho, lama-lama penasaran siapa saja sih blogger di daerah asal saya.

Akhirnya dengan gugling sana-sini, saya menemukan komunitas sehobi yang pada jaman itu masih eksis dan aktif. Komunitas Blogger Bengawan, waktu itu saya memberanikan diri untuk bergabung, masih malu-malu gitu (masih sopan dengan penghuni lama). Dari sana, saya berkenalan dengan banyak blogger hebat dari yang masih lebih muda hingga tua.

Hal yang selalu saya nantikan itu ketika Kopdar, bertatap muka langsung dengan teman-teman satu komunitas. Sambil nongkrong di angkringan Klithik Manahan yang remang-remang itu sampai malam, ada banyak obrolan menarik, candaan tiada akhir. Sejak mulai aktif itulah saya pun mengenal berbagai teman lain dari berbagai komunitas yang sering bertandang ke kota Solo, seperti Loenpia dari Semarang dan Cah Andong dari Yogyakarta.

Berkat senang blog walking pun saya menemukan wadah baru bernama Ngerumpi.com yang sudah wafat itu. Tapi dari sana, saya menemukan makin banyak lagi teman-teman yang senang menulis di platform itu dan blog mereka. Percaya ga percaya, teman-teman dari Ngerumpi lah yang membantu saya survive di Jakarta. Berawal dari kopdar, tanya ini itu hingga dibantuin ini itu, hal-hal sederhana seperti angkot (kalo ini rajanya mbak Ajeng Lembayung), minta saran hidup (yang ini sama mbak Nunik), hingga kopdar lagi (masih inget dulu sama Pluk, Dita). Semua dari Ngerumpi.com.

Iya, dari satu kopdar ke kopdar yang lainnya saya mendapatkan teman baru, keriaan baru, kegembiraan, hingga menambah pengetahuan baru. Masih banyak lagi teman-teman blogger lain yang saya kenal dari sekedar kopdar. Dari awalnya hai-hai aja, hingga kini jadi deket dan sahabatan. Oh, dan satu lagi, dari nge-blog saya juga dapat pacar *apa lo apa lo mau protes apa?* dan pekerjaan.

Perjalanan Hingga di Titik Ini

Semua kenangan ini dipicu oleh acara #KumpulBlogger yang diadakan 25 Oktober 2014 lalu. Ceritanya dapat undangan dari mas Zamroni, teman sesama blogger juga, acara kopdar dengan banyak blogger senior yang dimulai dini hari (08.00 WIB) di hari Sabtu. Acara yang seru pastinya, mengenang kisah-kisah lama tentang blogger, bertegur sapa dan makan HARATIS.

Kopdar #KumpulBlogger bareng Blogger-Blogger

Kebiasaan kopdar sebenar-benarnya tak pernah saya tinggalkan meski sudah ada di Jakarta yang sibuk. Meski susah mengumpulkan personel blogger asal Solo di Jakarta, tapi saya, Joulecar9 danAneg tetap mengusahakan satu bulan sekali untuk saling bertemu. Kegiatan kami cuma berkumpul, makan, dan ngobrol layaknya kopdar biasa. Kalau beruntung personelnya bisa lebih dari 3 orang dan acara belum kelar hingga berganti hari.

Seperti yang tadi diungkapkan, sekarang ini update blog satu bulan sekali udah juwara banget, prestasi lah pokoknya. Demikian curhat panjang tentang nge-blog, sekian dan terima komen.
🙂

Leave a Reply