DIY Wedding: Vendor Gedung dan Katering Pernikahan

Persiapan pernikahan tak mungkin dilepaskan dari kebutuhan gedung dan katering. Sering pula saya dengar berbagai kesulitan menghadapi perkara pemilihan gedung dan katering. Mulai dari pilihan ketersediaan gedung yang menipis karena tingginya jumlah gelaran acara pada hari tersebut. Hingga melubernya biaya di makanan.

Saya juga memiliki kekhawatiran yang sama dalam memilih gedung dan katering ini, meski telah membatasi undangan hanya sebatas 100an orang saja. Untuk gedung dan katering kebetulan menemukan vendor yang menyediakan paket dengan harga yang masih masuk plan.

Untuk acara pernikahan saya di Solo pilihan akhirnya jatuh ke restoran Njah Djambon yang lokasinya cukup dekat dari Keraton dan Pasar Kliwon. Restoran ini memiliki interior Jawa yang kental dengan joglo, sehingga tanpa hiasan terlalu banyak suasananya sudah dapat.

Karena saya sudah lama tidak hidup di Solo, jadi banyak hal yang saya tidak tahu seperti bagaimana rasa makanan di restoran ini. Dahulu tempat ini merupakan restoran aktif, hingga akhirnya dinonaktifkan dan hanya menerima pesanan serta sewa gedung. Untuk restoran (berdasarkan hasil cari google) buka di Hartono Mall.

Setelah mendengar testimoni dari keluarga yang sudah pernah mencoba makanan di sana, di mana mereka mengatakan makanannya enak. Akhirnya saya putuskan untuk segera memesan gedung dan katering, kebetulan lokasi ini yang jadwal pada hari tersebut masih kosong.

Mungkin Njah Djambon ini bisa jadi satu tempat gelaran acara semi personal yang bisa kamu coba jika berada atau tinggal di Solo. Berikut ini detail lokasi Njah Djambon:

Alamat: Jl. Untung Suropati 93, Pasar Kliwon, SOLO
No Telepon: (0271) 641245

Saya sendiri merasa puas dengan suasana Jawa, dari kabar kawan mereka menikmati hidangan dan pastinya afordable untuk sebuah acara syukuran di Solo.

Tips Memilih Gedung dan Katering

Yak sudah ya soal review singkat tentang gedung dan katering yang saya pakai kemarin. Dalam proses memilih gedung dan katering saya waktu itu sebagai calon pengantin lumayan dipusingkan dengan beragam opsi serta kondisi.

Jika kamu menghadapi situasi memilih gedung dan katering, ada beberapa tips dari pengalaman saya kemarin yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan:

  1. Pegang teguh budget untuk gedung dan katering. Yang jelas pisahkan antara gedung dan katering, jangan jadikan satu kecuali kamu fokus mencari paket.
  2. Beri kelonggaran pada katering, karena kamu tak bisa mengontrol berapa banyak tamu yang kamu undang membawa serta tambahannya.
  3. Kenali tamu undangan, saya mengkategorikan menjadi tiga: Jomblo, Pasangan dan Keluarga. Jomblo hitung sebagai 1 orang tanpa tambahan, Pasangan berarti kamu harus menghitungnya jadi 2 orang. Sementara jika tahu yang kamu undang keluarga maka siapkan diri menghitung jadi (minimal) 3 orang.
  4. Coba bertanya kepada keluarga untuk mendapatkan info gedung atau katering terlebih jika kamu belum sempat mencari sendiri. Mintalah mereka untuk mengumpulkan brosur ketika menghadiri kondangan.
  5. Luangkan waktu untuk datang dan melihat langsung gedung. Ini untuk membuat gambaran bagaimana nantinya acaramu, ples apakah hati cocok dengan gedungnya atau tidak.
  6. Carilah gedung maksimal 3bulan sebelum acara, waspadai tanggal cantik karena biasanya sudah dipesan jauh-jauh bulan sebelumnya
  7. Perhitungkan soal area parkir dengan jumlah tamu undanganmu. Kamu tak mau kan mereka dapat lokasi parkir yang jauh atau mengganggu lingkungan.
  8. Ambil kesempatan untuk bisa mencicipi makanan dari katering. Biasanya katering akan memberikan kesempatan untuk mencicipi makanan tergantung dari berapa jumlah tamu yang akan datang.
  9. Tanyakan juga apakah memungkinkan jika ada tambahan makanan mendadak tatkala di hari H jumlah tamu lebih dari perkiraan.
  10. Jika sudah cocok, segeralah bayar DP agar tidak menyesal kemudian.

Yes, itu tadi beberapa tips soal memilih gedung dan katering yang bisa kamu terapkan saat mempersiapkan pernikahanmu.

DIY Wedding

Leave a Reply