Mengenal Lebih Dekat Fungsi Future Log dan Monthly Calendar dalam Bullet Journal

Setelah mengenal apa itu Bullet Journal dan beragam isi yang biasa dibuat saat mulai menggunakan sistem ini. Kini saatnya mengenal lebih beberapa manfaat yang saya rasakan dari dua isi Bullet Journal. Tulisan ini akan fokus di Future Log dan Monthly Calendar saja ya.

Semoga sih bisa membantu buat yang masih bingung kira-kira apa saja keuntungan membuat dua poin ini dalam sistem Bullet Journal.

Future Log

Seperti disebutkan sebelumnya jika Future Log ini bisa berwujud 2-4 halaman yang berisi bulan-bulan dalam setahun. Future Log ini kerasa banget manfaatnya ketika saya memiliki rencana besar selama setahun yang bisa diperkirakan tanggal mainnya.

Rencana besar seperti perkiraan mulai dan akhir sebuah project, goal maksimal kapan suatu project harus diakhiri. Atau jika kamu masih menempuh pendidikan pasti ada jadwal ujian yang sudah ditetapkan, tanggalnya bisa dituliskan dalam Future Log.

Bahkan jika tidak ada rencana apapun, saya biasa menuliskan hari ulang tahun teman-teman dekat saya di sana. Ini sangat membantu untuk mengingat kapan saja hari istimewa. Berikut ini saya coba berikan contoh pembuatan Future Log yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau selera ya.

Setiap tahunnya saya sendiri tidak punya patokan pasti mana yang akan saya buat, biasanya sesuai dengan suasana hati saat memulai membuat Bullet Journal.

Yang saya rasakan dengan membuat Future Log ini sebenarnya sepele, sebagai penanda dan pengingat. Terlebih jika saya memiliki rencana jangka pendek (beberapa bulan), saya bisa membuat perkiraan kapan project dimulai dan kapan harus diakhiri. Karena dituliskan dalam satu buku khusus yang memang fokus untuk Bullet Journal, jadi lebih praktis.

Dulu sebelum tau sistem ini, saya pernah merasa terlalu banyak hal yang harus diselesaikan dan tidak punya cukup banyak waktu untuk merampungkan semuanya. Yang ternyata itu masih sebatas saya tidak merancang rencana jangka panjang dengan baik dan tertata rapi. Setelah membuat ini saya tahu rentang waktu ini harus fokus mengerjakan apa saja.

Monthly Calendar

Fungsi Monthly Calendar ini masih saling berkaitan dengan Future Log ya (sebenarnya nanti sampai weekly pun masih berkaitan). Jika sebelumnya menuliskan rencana setahun di Future Log, maka Monthly Calendar ini menuliskan rencana dalam sebulan.

Namanya juga Monthly Calendar, maka wajar jika penampilannya berupa kalender ya. Saya biasanya menuliskan jadwal tenggat waktu (deadline) suatu pekerjaan, tanggal janjian rapat atau pertemuan dengan seseorang, hingga tujuan yang ingin dicapai selama sebulan.

Berikut ini saya sertakan beberapa contoh montly calendar yang pernah saya buat (dan dibuat ulang seadanya):

Salah satu yang saya sukai dari sistem Bullet Journal ini ialah dapat menentukan sendiri model tampilan disesuaikan dengan kebutuhan. Meski minusnya harus dibuat manual ya. Apabila satu bulan ini saya ingin fokus ke beberapa tugas besar, maka saya akan menggunakan tampilan berikut:

Dengan tampilan ini saya bisa membuat detail jadwal tiap project yang dikerjakan tanpa takut akan tumpang tindih dan sulit untuk dibaca. Ini bisa banget dipakai untuk kamu yang sedang menyelesaikan pendidikan, karena bisa dibagi berdasarkan prioritasnya. Jangan lupa gunakan pena berwarna untuk memudahkan membedakan satu kategori prioritas dengan yang lain.

Dengan adanya monthly calendar, saya merasakan bisa lebih fokus menyelesaikan berbagai tugas atau pekerjaan karena sudah direncanakan (tidak cuma diingat-ingat saja). Setiap membuka halaman kalender ini saya bisa punya bayangan apa saja yang akan saya kerjakan. 

Selain menuliskan tugas atau pekerjaan saya juga kerap menuliskan hal-hal yang ingin dicapai untuk meningkatkan kualitas diri. Misalnya hobi yang ingin ditambahkan untuk dikerjakan dalam bulan ini. Kalaupun kosong saja, tak masalah karena halaman ini masih bisa dihias ataupun diisi dengan kata mutiara.

Sementara untuk detail apa saja yang akan dikerjakan untuk mencapai semua jadwal itu letaknya ada di weekly log. Tapi terlalu panjang kalau dijabarkan ya. Tapi itu tadi manfaat yang saya dapatkan dari Future Log dan Monthly Calendar dan hal yang biasa saya cantumkan ketika membuatnya.

Semoga penjelasan di atas bisa sedikiiiit saja memberikan arahan tentang fungsi Bullet Journal. Tenang saja bukunya boleh banget dihias sesuai dengan selera. Tapi diharapkan jika kamu menggunakan sistem ini juga bisa mendapatkan manfaat mengatur hidup yang diharapkan oleh pencipta sistem ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.