Alternatif Kegiatan Pelepas Penat Saat WFH

Vintage photo created by rawpixel.com - www.freepik.com

Pembatasan kegiatan yang kini tengah berlangsung pasti perlahan menumbuhkan rasa bosan. Kamu mungkin malah sudah merasakan jauh-jauh hari dan semakin bingung untuk mengatasinya. Jika dirunut sebenarnya ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, tapi mungkin karena begitu banyaknya pilihan malah membingungkan.

Ada beberapa kegiatan yang sudah saya coba lakukan. Namun, di antara sekian banyak kegiatan itu harus ditanamkan jika tak perlu merasa bersalah jika tidak tuntas mengerjakannya ya. Karena ini bukan life goal tahunan, tapi hanya kegiatan selingan saja. Apabila dalam prosesnya menemukan kegembiraan, maka bebas banget untuk terus dilanjutkan dan jadi kebiasaan baru. Kalau dalam prosesnya kamu merasa bosan, boleh banget untuk mengganti dengan kegiatan lain, karena setiap orang itu punya ketertarikan yang berbeda juga.

1. Mencoba Menggambar

Kegiatan menggambar ini merupakan keterampilan dasar yang bisa kapan saja dibangkitkan. Banyak yang akan bilang jika “aku tuh ga bisa gambar”, alih-alih berpikir demikian cobalah untuk mencoba memulai seperti saat kamu masih kecil dulu. Karena memang tidak semua orang punya kebiasaan menggambar, maka keterampilan ini harus dicoba untuk dimulai.

Yang paling mudah ialah menirukan gambar-gambar tema doodling. Pencapaiannya ialah dapat menirukan gambar pola sederhana seperti contoh. Jika sudah merasa percaya diri bisa menggunakan alat mewarnai seperti spidol, krayon, cat air, atau cat akrilik. Tapi jika masih takut, kamu bisa mencoba mewarnai buku gambar Coloring Book. Kalau tak punya akses beli bukunya bisa cari di google, simpan, lalu cetak mandiri untuk kemudian diwarnai.

2. Menulis

Media menulis ada banyak banget yang bisa dicoba. Yang paling dekat ialah menulis di media sosial, mungkin kamu bisa mengaktifkan lagi akun medsos yang lama hibernasi. Jika ingin menulis panjang, ada media blog gratis yang bisa dicoba. Bila tiba-tiba ketertarikan menulis menjurus ke tulisan fiksi, coba menulis di berbagai platform menulis cerita gratis.

Menulis secara analog pun bisa kamu lakukan, seperti menulis catatan harian di buku. Ada banyak cara menulis yang bisa kamu pilih, tinggal sesuaikan mood kala itu.

3. Berolahraga

<a href="https://www.freepik.com/free-photos-vectors/sport">Sport vector created by freepik - www.freepik.com</a>

Kegiatan olah raga di luar ruangan kini jadi pro kontra yang banyak saya baca di media sosial. Padahal mengegerakkan badan sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Jika kamu tertarik untuk olahraga, bisa mencoba Yoga. Ada banyak pemerhati kebugaran yang membuka kelas online di Instagram Live lho. Selain yoga ada pula latihan tubuh yang banyak dibuka di Instagram dan bisa dilakukan di dalam rumah. Sudah tak ada alasan untuk malas olahraga sih ini.

4. Memasak

Keahlian bertahan hidup ini bisa lho dilatih dan diasah lebih ketat lagi. Saat WFH ini malah waktu tepat untuk mencoba menu baru. Mencoba membuat makanan sederhana atau menu-menu yang kerap ditemukan saat menyambangi restoran. Ada banyak situs yang menyediakan resep dan bisa kamu coba begitu bahan makanan sudah dibeli.

5. Prakarya

Kelengangan kegiatan kali ini bisa untuk membuat sesuatu. Prakarya itu sangat luas lho ya, kamu bisa menjahit masker, atau membuat kerajinan tangan dengan kertas, atau membuat instalasi sederhana dengan bahan di sekitarmu. Bagaimana cara menemukan ide prakarya, coba rajin mencari di Youtube, ada banyak hal yang bisa kamu coba.

6. Berkebun

Kegiatan ini juga merupakan satu hal baru buat saya. Saya mencoba menanam beberapa tanaman yang mungkin jika tumbuh rimbun akan cantik. Bermain bersama tanaman bisa jadi hiburan tersendiri yang menarik untuk dilakukan. Namun kamu jangan sedih ya, berkebun ini banyak tantangannya. Bisa jadi sudah berusaha begitu giat, tapi tanaman berakhir mati. 

7. Bermain Alat Musik

Ada beberapa teman saya yang akhirnya mencoba memainkan kembali instrumen musiknya. Kamu pun bisa mencoba kembali bermain musik atau mencoba menguasai alat musik. Kalau yang ini harus punya modal alat musiknya dulu. Niscaya ketekunan mempelajari musik bisa melepaskan kebosananmu.

8. Membaca Buku

Ini adalah kegiatan sederhana yang bisa kembali kamu hidupkan semangatnya. Mulai bisa menambah buku yang kamu baca pada tahun ini. Ketika sudah konsentrasi dan masuk dalam cerita, waktu seakan cepat berlalu.

<a href="https://www.freepik.com/free-photos-vectors/vintage">Vintage photo created by rawpixel.com - www.freepik.com</a>

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu coba. Namun, satu hal yang penting diingat: kegiatan di atas hanyalah selingan saja, jangan sampai jadi kegiatan utama. Kalau kegiatan selingan jadi kegiatan utama, kerjaan kamu tak akan kelar dan akan merasa kehabisan waktu terus!

Ingat itu ya!

2 comments
    1. Sebuah hikmah yang wajib disyukuri…syukur-syukur bisa lebih ajeg nulisnya hahahahah
      Ini dalam rangka memenuhi idealisme pengen post tiap hari Senin dan Kamis mas 😀

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You May Also Like
Read More

30DBlog: Pekerjaan Impian

Merenungkan sejenak tentang ambisi-ambisi masa muda tentang mata pencaharian. Begitu banyak daftar keinginan pekerjaan yang saya ingginkan dari…