Trik Belanja Cepat di Supermarket

Hands photo created by pressfoto - www.freepik.com

Saat pembatasan karena virus Corona ini pasti membuat was-was saat berada di ruang publik atau keramaian seperti di supermarket. Kekhawatiran akan persebaran virus saat berada di keramaian serta beban harus berbelanja untuk bekal hidup selama pembatasan atau karantina jadi dilema yang mungkin juga kamu alami. Kerisauan ini sih ada kok solusinya yaitu belanja cepat.

Tapi mungkin akan jadi sulit saat biasanya belanja memakan waktu yang lama, sembari menikmati suasana dan melihat mana kala ada diskon. Saya pun awal-awal sangat kesulitan untuk belanja cepat, namun beberapa keadaan memaksa saya untuk mulai menerapkan sistem belanja agar tak terlalu lama berada di supermarket. Oke, berikut ini beberapa hal yang bisa banget kamu lakukan untuk mempersingkat waktu belanja kebutuhan sehari-hari di supermarket:

1. Menghafalkan Urutan Rak di Supermarket

Trik satu ini akan sangat mudah dilakukan jika kamu berbelanja kebutuhannya di satu supermarket saja. Tujuan menghafalkan ini untuk memetakan lokasi sesuai dengan alur belanja nantinya. Pemetaan ini harus berurutan ya. Misalnya kamu buat rute perjalanan antar rak. Dengan menghapalkan kategori rak, kamu akan mudah sekali menemukan barang dan tidak kebingungan.

<a href="https://www.freepik.com/free-photos-vectors/background">Background photo created by mrsiraphol - www.freepik.com</a>

Meski biasanya pihak toko akan membuat perubahan susunan, namun biasanya barang tak akan berpindah di luar ketegorinya. Misal mencari tepung terigu, biasanya diletakkan bersama dengan bahan membuat kue lain. Ia tak mungkin terpisah ke bagian sabun cuci baju.

2. Buat Daftar Belanja Dipisah Bahan Makan dan Bukan

Daftar belanja sangat membantu saya untuk tidak terlalu impulsif dalam membeli barang. Selain itu juga tak ada yang terlupa ketika belanja dengan daftar. Gunakan buku catatan kecil atau bisa note dalam handphone. Jangan ragu untuk mengeluarkan pena ya, coret bila sudah beli dan buat tanda jika barang tidak tersedia di toko.

Pisahkan daftar belanja makanan dengan yang bukan makanan. Hal ini untuk memudahkan saat mencari barang sesuai kategorinya. Untuk barang makanan juga bisa dipisah dengan dimulai dari bahan segar lalu kemasan. Dengan memisah pun akan memudahkan kamu saat membuat daftarnya. Kalau saya biasanya menulisnya di lembar terpisah.

3. Belanja Berurutan dari yang Segar ke yang Tak Bisa Dimakan

Ini yang saya pelajari selama berbelanja di supermarket ya. Semua ada tujuannya kok:

  • Beberapa barang segar tak sedikit disimpan dalam kondisi dingin atau ada beberapa bahan yang beku kan. Kalau dia ditaruh di lapisan terbawah, ia akan tidak memberikan efek basah kepada barang lainnya yang mungkin memiliki kemasan tidak tahan air.
  • Jika barang yang tak dimakan (sabun, shampo, tisu, hingga obat pel) dibeli di akhir saat di kasir ia akan masuk di urutan pertama. Dengan kata lain barang ini akan ada di dasar tas. Kemasan barang-barang ini biasanya lebih kuat, isinya pun tak mudah hancur jika ditumpuk oleh barang lain.
  • Sementara itu barang segar yang lebih rapuh bisa disimpan di bagian atas dan menghindari tertimpa atau tergencet saat membawa tas. Kalau pakai keranjang belanja kan ga mungkin kamu tak sengaja menggencetnya, tapi kalau tas atau kresek beda cerita.
  • Dengan belanja berurutan kamu tak akan melewatkan sedikitpun dari daftar belanjaan yang sudah kamu buat. Daftarnya bisa banget dibuat sesuai alur perjalanan dalam supermarket jika di rumah sudah hafal tata letaknya.

Dulu saya tak terlalu memikirkan harus belanja berurutan. Namun semenjak butuh belanja cepat, cara ini ampuh banget.

4. Bawa Tas Belanja Sendiri

Menurut saya sih dengan membawa kantong belanja sendiri terutama yang punya muatan besar ya sangat memudahkan dan mempercepat belanja. Segala hal bisa muat banyak hanya dalam satu kantong, tak perlu menenteng kresek banyak. Saya juga merasa dengan kantong belanja mobilitas saat dari kasir ke parkiran jadi mudah, tak perlu khawatir jebol. Terlebih jika kamu punya beberapa kantong belanja, bisa banget dipisahkan berdasarkan kategori belanjaan. Jadi waktu unboxing belanjaan di rumah pun lebih cepat.

<a href="https://www.freepik.com/free-photos-vectors/hands">Hands photo created by pressfoto - www.freepik.com</a>

Itu tadi beberapa trik singkat yang bisa digunakan untuk menghemat waktu belanja. Saya selalu memakainya, mau belanja di supermarket ataupun pasar. Semua bisa dipakai sesuai sikon.

Semoga membantu ya dan memudahkan kamu berbelanja dengan waktu yang lebih singkat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You May Also Like
Clean Up Jakarta, Adaro
Read More

Ikutan Clean Up Jakarta

Gotong Royong, saya rasa kata itu sudah lama tak terdengar di telinga semenjak menginjakkan kaki di Jakarta. Apalagi…