Kembali Mencoba Berbagai Peluang Baru

Mendekati akhir tahun 2020 lalu, saya berpikir jika sudah lama tidak mengambil tindakan baru dalam bersosialisasi selama di Jogja. Mungkin juga karena sudah merasa cukup bosan tidak ada kegiatan atau pekerjaan yang dulunya menyita waktu seperti dulu, jadi akhirnya terpikir seperti itu. Jadi akhirnya saya memutuskan untuk mencoba kembali mengembangkan sayap pertemanan barang kali ada banyak peluang baru yang seru!

Sebelumnya saya sering mencoba ikut bergabung ke berbagai komunitas sana sini. Sampai akhirnya tak terlalu aktif karena pekerjaan. Lalu waktu pindah ke Jogja juga sempat ikut komunitas planner dan journal, namun entah bagaimana kegiatannya seperti terhenti, tentu tak lepas juga disebabkan pandemi.

Ikut Course Blog

Oh, saya sudah memutuskan untuk mulai lagi, tapi karena sudah lama tidak berkomunitas jadi agak ragu pada kemampuan diri berkomunikasi juga. Akhirnya saya mencari cara lain, mencari ke media sosial mana kala ada kegiatan bersama yang terbuka untuk umum.  Akhirnya berjodoh dengan kegiatan course yang diadakan oleh Komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB).

Sebelumnya saya sudah mendaftarkan diri untuk ikut course ini, dan mendekati akhir tahun barulah dapat pengumuman kalau masuk ke Batch 4 ISB Course. Tentu saya sudah lama mengikuti Intagramnya ISB dan Facebooknya. Acara course ini memberikan kesempatan bertemu dengan banyak teman-teman blogger lainnya, materi yang berbobot diberikan secara gratis, silabus serta jadwal belajar bersama yang jelas.

Sepanjang ikut ini, saya merasa jadi cukup sibuk. Karena baru kali ini beneran ikut mantengin meeting room online. Ada juga tugas-tugasnya yang membuat saya aktif menulis kala itu. Kegiatan ini dipandu langsung oleh mba Ani Berta, salah satu rekan blogger lamaaaa banget dulu kenal waktu di Jakarta.

Mungkin namanya beruntung ya, jadi selama kegiatan ini juga diberikan beberapa bonusan belajar lain. Ada desain dengan Canva oleh mba Dzulkhulaifah, diajari soal SEO oleh mas Ardan, dan dapat kesempatan belajar Bahasa Inggris yang sebelumnya sempat saya tulis.

Kegiatan ini jadi bekal banget buat saya menata blog ini. Materinya sangat padat dan memberikan banyak masukan serta koreksi proses menulis saya. Sayangnya saya tidak mau membuka lebih detail ya soal materi kemarin, bila kamu penasaran maka alangkah lebih baiknya ikut bergabung serta komitmen untuk ikutan coursenya. Mulai dengan follow akun Instagram atau Facebooknya, karena di sana informasi kegiatannya dibagikan. Oh, kegiatan ini harus full komit untuk ikut ya, jangan sering ngilang tanpa kabar atau ntar dianggap tidak serius ikut.

Bergabung dengan Komunitas Baru

Sebelumnya saya pernah menulis jika selama akhir tahun dan awal tahun kegiatan begitu banyak. Ya, saya sendiri yang memilih untuk mulai bersosialisasi online lagi, dan saya agak kewalahan. Selain ikut kegiatan blogger, saya juga mencoba peluang baru bergabung dengan salah satu komuntas seni di Indonesia.

Berawal dengan niatan ingin mempelajari seni dan mencoba lebih dekat lagi dengan alam melalui hal yang sudah familiar dengan saya, akhirnya diputuskan untuk bergabung dengan Indonesian Society of Botanical Artist (IDSBA). Motivasinya cuma saya ingin bergabung dengan komunitas ini karena tertarik sepertinya bisa belajar mengenal teknik melukis dengan cat air.

Cat air bukan hal yang asing untuk saya, tapi bukan sesuatu yang sangat akrab juga. Pengalaman selama kuliah menorehkan bekas kurang asik ya, cat air tidak memberi kenangan indah seperti media lukis lainnya. Maka saya pikir kalau pendekatannya melalui hal-hal cantik mungkin saya bisa pedekate lebih lancar lagi.

Jika boleh jujur, bergabung dengan komunitas ini sangat menyenangkan! Tapi tiba-tiba saya jadi sangat aktif berkegiatan di sini, dan praktis awal tahun jadi lebih sibuk. Karena saya ikut berpartisipasi jadi tim dalam pameran komunitas! Hahahahahahahahahahahahahahaha…

Kebayang tidak, dari yang sebelumnya selow aja hidup saya, tiba-tiba padat merayap kegiatannya. Semua juga karena saya sendiri inisiatif ikut kegiatan baru. Kesibukan mengurus pameran ini salah satu yang membuat saya memilih untuk ambil jeda dari menulis blog dulu selama awal tahun. Karena tidak semua hal harus saya lakukan, ada yang bisa diprioritaskan, ada yang bisa dijeda biar tidak meledak ini kepala.

Untuk cerita soal komunitas ini dan kegiatan pamerannya akan saya pisah aja ya. Biar tidak terasa panjang aja hehehehe.

Jadi sekian sedikit cerita kesibukan saya selama akhir 2020 dan awal 2021 yang bikin agak ngilang nge-blog. Namun ini mulai mau nulis lagi…ya seperti biasa butuh pelepasan, butuh latihan menulis lagi juga.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You May Also Like
Read More

30DBlog: Perjalanan Terbaik

Bukan termasuk orang yang terlampau gemar jalan-jalan, menjadikan saya tak terlalu punya banyak cerita. Setiap perjalanan wisata pasti…
Read More

30DBlog: Foto Diri

Topik ini acak banget. Setelah kemarin sempat serius dengan pendidikan, lalu share blog-blog asik, eh sekarang minta foto…