Mimpi Menjelajahi Alam Papua Lebih Dekat Suatu Saat Pasti Akan Tercapai

Sejak pertama kali mata ini melihat langsung bagaimana keindahan laut Indonesia timur ketika ikut outing kantor terdahulu, membuat saya memiliki impian besar menjejakkan kaki ke Papua. Yaps, sudah lama saya mendengar banyak lokasi snorkeling (level saya belum bisa sampai diving juga sih) yang cantik dan tak habis dijelajahi di Papua. Plus, semenjak nonton acara variety show Korea Selatan, Law Of The Jungle, yang sempat mampir ke Papua. Saya jadi penasaran dengan alam Papua dan ingin membuktikan jika Papua destinasi wisata hijau memang benar nyata.

Waktu ikut wisata bareng dengan kantor terdahulu, kami membuktikan bagaimana desas desus kecantikan laut dengan snorkeling di Lombok dan Kalimantan. Pengalaman snorkeling ini membuat saya yakin jika di Papua lautnya pasti lebih cantik lagi. Tak hanya menyibak pesona laut, perjalanan wisata itu harus lengkap menjelajahi daratan termasuk hutan dan mendekatkan diri dengan penduduk sekitar. Setelah perenungan panjang saya punya 3 daftar tempat wisata di Papua yang ingin banget dikunjungi. Membayangkannya saja membuat saya senang bukan kepalang.

1. Snorkeling di Sekitaran Pulau Kri, Raja Ampat, Papua Barat

Foto by rajaampat.indonesia-tourism.com

Sebelum lebih jauh, saya hanya ingin memastikan pembaca blog ini sepaham dan tahu jika Papua itu Indonesia kan ya? Masih dalam satu bagian wilayah negara tercinta bukan di negara lain maksudnya. Oke lanjut, jadi Pulau Kri ini merupakan salah satu tempat yang direkomendasikan banyak orang jika tujuannya adalah keindahan laut. 

Pengalaman serta sensasi saat berada dalam satu habitat dengan flora dan fauna laut itu benar-benar berkesan. Dan saya ingin mengulanginya lagi di Papua! Kalau di kolam renang kamu kalau tidak sendirian, ada manusia, atau mungkin dengan kambangan lain. Tapi kalau di laut, ada beragam ikan yang berenang denganmu dan itu menyenangkan.

Level saya masih berenang dan snorkeling saja. Itu saja sudah pernah ada kejadian tersengat biota laut yang sakit banget lah itu, ini murni karena tidak membekali diri untuk tidak sembarang mendekati tanaman laut. Saya tahu jika Papua Barat itu punya banyak lokasi selam yang menawarkan keindahan tak tertandingi, tapi kemampuan diri ini cuma snorkeling ngambang-ngambang unyu saja. Kalau bisa sampai di Pulau Kri saja saya sudah sangat senang! Ya jika memang ada kesempatan menjelajah lokasi lain….saya tidak menolak lah!

2. Menikmati Kopi Arabika Wamena di Wamena Papua Langsung

Sebagai pemuja kopi, tentu tak asing dengan pilihan biji arabika yang tumbuh di Wamena ini. Seperti dijelaskan di EcoNusa jika Papua memegang peran penting dalam industri kopinya, salah satu yang membuatnya populer ialah kopi Wamena ini. Untuk yang belum pernah minum, kurang lebih kopi Wamena itu memiliki rasa asam yang sedang. Kopi ini punya aroma cokelat dan floral yang membuat banyak orang jatuh hati. Membayangkan aroma cokelat khas yang menyeruak dari segelas hangat kopi saja membuat saya bahagia banget. Padahal minumnya ya di coffee shop aja.

photo by EcoNusa Foundation/Lutfy Mairizal Putra

Kalau melakukan riset sedikit, bisa ditemui wilayah Lembah Baliem jadi tempat populer penghasil kopi Wamena terbaik, seperti dikutip dari coffeeland. Kan jadi penasaran ingin merasakan langsung bagaimana kopi Wamena di Wamena Papua! Tentunya tak lupa saya ingin bawa pulang biji kopinya jadi bisa sebagai oleh-oleh ke teman penyuka kopi.

Kalau ke sana saya pastikan untuk tak lupa menyaksikan bagaimana pengolahan biji kopi dari panen hingga siap untuk disajikan. Pastilah butuh banyak serta panjang banget proses yang dilalui. Namun bila memiliki kesempatan itu saya sangat bangga dan senang mengamati bagaimana proses yang dilalui dari secangkir kopi hangat dengan rasa nikmat itu.

3. Mengintip Burung di Ekowisata Bird Watching

Suatu waktu saya menemukan video menarik tentang Ekowisata Bird Watching di Papua Barat. Tempat konservasi ini memberikan wadah kepada para pecinta alam untuk bisa melihat lebih dekat dengan habitat burung eksostis yang hidup di Papua Barat. Tentu kamu juga pernah mendengar nama burung Cenderawasih asal Papua kan? Di sini lah tempat melihat langsung dari habitat aslinya.

Tahukah kamu jika burung Cenderawasih di Papua itu tak cuma satu? Ada Cenderawasih Arfak dan Cenderawasih Kerah yang merupakan endemik cagar alam Pegunungan Arfak. Keduanya bisa dilihat di Ekowisata Bird Watching ini, tentu saja beserta ratusan burung penghuni hutan lainnya. Kapan lagi coba punya kesempatan menyaksikan burung dari surga ini langsung di habitatnya.

Buat saya, bisa masuk hutan dan melihat burung cantik Cenderawasih merupakan kesempatan langka dan berharga. Jadi kalau ada kesempatan bisa dekat dengan alam di Papua dan menyaksikan langsung pastinya tak akan saya lewatkan. Sehingga berkunjung ke lokasi pengamatan burung masuk dalam daftar yang ingin saya datangi saat di Papua. Kalau dari video sepertinya jalan menuju lokasi tak terlalu sulit ya, jadi saya cukup pede dengan kemampun cetek ini pasti sangguplah.

Bagi penyuka keindahan alam, perjalanan ke Papua merupakan sebuah kesempatan emas nan berhaga. Ada banyak destinasi wisata impian yang bisa dijelajahi! Meskipun letaknya nun jauh di Timur, namun tak ada salahnya kan jika saya meletakkan mimpi untuk bisa menjelajah ke Papua. Minimal bisa menyambangi ketiga daftarnya di atas aja.

Photo by Freepik .

2 comments
  1. aku ke Papua cuma mampir ke Sorong untuk kemudian lanjut ke Raja Ampat! kalo ke Raja Ampat, sekalian diving (discovery dive, diving tanpa lisensi yang didampingi instruktur) karena Raja Ampat ini kecantikannya ada di bawah laut!

    1. Oh…jadi bisa nyempelung langsung ga perlu latihan dulu gitu ya? Aku belum pernah diving soale…kumerasa snorkeling aja juga masih gelagapan.
      Tapi kalau dah sampai Raja Ampat agaknya kurang seru ya kalo cuma snorkeling 🙁 jadi pengen nyemplung laut lagi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You May Also Like
Read More

30DBlog: 5 Blog Favoritmu

Sebenarnya saya sudah lama tidak menjamah blog dan melakukan kegiatan blog-walking. Saya sedang berjuang aktif lagi. Namun jika…