3 Strategi Sukses Menjalankan Influencer Marketing 2021 ala IDN Media

Bagi kamu yang mulai berkecimpung di agensi digital atau mulai melirik media sosial sebagai sarana promosi, pasti tak asing lagi dengan istilah Influecer Marketing. Biasanya langkah ini diambil untuk membangun identitas sebuah perusahaan. Dulunya status ini hanya untuk kalangan selebriti saja, seiring dengan berjalannya waktu kini banyak tersedia kreator lain yang berkesempatan menjadi bagian influencer marketing.

Untuk sukses menjalankan influencer marketing bukan hal yang sulit namun tak bisa dibilang mudah, ada banyak strategi bisa dipilih jika kamu hendak memulainya. Pada kesempatan ini saya mendapatkan insight menarik terkait startegi influencer marketing di 2021 langsung dari Digital Strategy Manager di IDN Creator Network, Yohana Sitompul. Saya coba rangkumkan 3 strategi pentingnya :

1. Tiga Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Menjalankan Influencer Marketing

Tiga hal penting di atas harus banget dipertimbangkan sebelum memulai langkah marketing ini. Yohana juga menekankan “…Namun, perlu ditekankan bahwa creator marketing platform jangan terus-terusan Instagram-minded. Everything is always evolved, we always need to adapt. Pada kenyataannya, shift memang perlahan terjadi: dari Instagram ke Tiktok, misalnya.”

Keterbukaan pandangan bahwa dunia media sosial selalu berubah;dinamis memang jadi dasar yang kuat agar sukses bersaing. Kalau terus terpaku hanya satu platform saja, kemungkinan besar segala usaha tak akan mendapatkan hasil maksimal.

2. Mengintip Pondasi Ide Campaign ala IDN Creator Network

Demi kesuksesan influencer marketing yang hendak dijalankan, tak pernah ada salahnya untuk mengintip pondasi yang dilakukan oleh pihak lain, termasuk dari IDN Creator Network. Menurut Yohana, ada 5 hal yang selalu dipegang IDN Creator Network :

  • Hyperlocal KOL
    Sebelumnya, perlu berkenalan apa itu KOL ya. KOL merupakan singkatan dari Key Opinion Leader, istilah ini merujuk pada individu yang pendapatnya memberi pengaruh besar pada sebuah brand baik produk, jasa, atau layanan.

    Lalu yang dimaksud dengan Hyperlocal KOL ini merujuk pada para KOL di kota-kota kecil. Keberadaan para KOL ini jelas banyak, tersebar di seluruh Indonesia, dan lebih dekat dengan audiens. Jadi bisa dibayangkan persebaran kampanyenya bisa jauh lebih luas kan.
  • Always On
    Sebuah brand atau merek dagang wajib menjalankan kampanye (campaign) terus dan secara berkelanjutan dalam satu periode waktu tertentu. Hal ini tak lepas dari usaha kamu menjaga eksistensi sebuah brand yang sedang dipegang.
  • Agile Campaign
    Di sini agensi yang menangani kampanye membantu untuk melacak (track) dan memantau di manakah teramai dipakai saat ini. Langkah ini diambil demi membangun persona lebih cepat di mata khalayak umum melalui media yang sedang populer.
  • National KOL
    Beda dengan hyperlocal KOL, para National KOL merupakan mereka yang tinggal di kota-kota besar Indonesia. Ini penting lho untuk menentukan domisi target audiens-nya. Dengan bantuan National KOL maka kampanye akan lebih terasa gaungnya.
  • Vertical Domination
    Strategi ini lebih mengarah pada penggunaan KOL dalam jumlah yang sangat banyak dalam sebuah kampanye di setiap periodenya. Biasanya cara ini dipakai bila sebuah perusahaan baru mengeluarkan produk baru atau sedang dalam masa promosi.

3. Cara Mengukur Kesuksesan Campaign

Bagi Yohana, kesuksesan sebuah kampanye bisa dinilai secara subjektif. Namun ia selalu menambahkan faktor penilaian seperti apakah kampanye sudah memenuhi target yang ditetapkan, bagaimana interaksi yang dihasilkan dari sebuah post, bagaimana kualitas brand awareness pada kampanye ini. Semua hasil dari faktor di atas nantinya akan dikompilasikan dengan parameter dasar number of reach sebuah post dan dirangkumkan dalam sebuah laporan khusus.

Cara ini memungkinkan kamu mendapatkan hasil penilaian yang lebih berkualitas, karena tak hanya mengandalkan satu faktor penilaian saja. Jika kamu terus mencoba menerapkan pada kampanyemu, bisa saja hasilnya akan menuntun pada kampanye sukses selanjutnya.


Bisa dibilang resep dari IDN Creator Network di atas sangat lengkap dan detail dari segala aspek yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah kampanye. Jadi tak heran jika mereka selalu sukses menjalankan kampanye influencer marketing-nya. Bila kamu pun ingin mendapatkan hasil yang lebih berkualitas dari campaign-mu, bisa banget mencontoh atau menerapkan resep dari IDN Creator Network ini. Selamat mencoba!

28 comments
    1. oehehehehe… suwun mas 🙂
      Oh, ini populer di kalangan yucuber ya istilahnya, sungguh aku awam sekali sama ‘daging semua’ langsung salah interpretasi ke makanan :))

    1. Wah menarik tiga hal yang penting sebelum jadi influencer marketing nih mba, dan sebenarnya banyak platform yang bisa kita gunakan ya mba, gak berkutat di satu platform saja ya mba

      1. Menurut pendapat pribadi saya, sebaiknya tak membatasi platform yang digunakan, biar lebih luas persebarannya 🙂

  1. Bener banget sih, kita harus pahami target audiens dulu sebelum menjalankan campaign. Jadi bisa lebih maksimal hasilnya ya kak

  2. Kadang ada yang mikirnya hire KOL itu biar produknya laris. Ukuran kesuksesan di larisnya produk. Padahal dilihat dari marketing objective-nya nggak ada sama sekali terkait kelarisan. Semoga yang belum paham mendapat pencerahan dari artikel ini ya, Mbak.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You May Also Like
Read More

30DBlog: Foto Diri

Topik ini acak banget. Setelah kemarin sempat serius dengan pendidikan, lalu share blog-blog asik, eh sekarang minta foto…