Membiasakan Diri Mengawali Hari Dengan Mandi

Pada masa pandemi ini kegiatan saya praktis hanya seputaran rumah saja, karena jarang keluar rumah kecuali urusan penting. Lama-kelamaan berada di rumah jadi begitu nyaman dan tanpa saya sadari jadi semakin malas karena segala hal yang dibutuhkan ada di rumah. Saya paham kondisi ini tak bagus untuk saya dan produktivitas diri. Banyak hal yang saya lakukan untuk memacu semangat tak malas, tapi sepertinya mandi pagi paling efektif.

Manfaat Mandi di Pagi Hari

Dahulu kala saya adalah orang yang paling malas bangun lalu segera ke kamar mandi untuk membasuh diri. Masih ingat diingatan pula kala orang tua saya dengan sekuat emosi meminta segera mandi. Rasa-rasanya mandi adalah ritual paling berat yang harus dilalui dalam hidup dulu tuh, sampai akhirnya saya paham jika mandi jadi gerbang awal semangat diri saat diterpa rasa malas.

Photo by Pixabay from Pexels
  1. Menghempas Minyak Tubuh
    Kita berada di negara tropis dan kalau diteliti, setiap bangun tidur sering merasa gerah-lengket-keringetan tak nyaman. Entah bagaimana memang itulah kondisi bangun tidur kebanyakan orang di Indonesia. Dan rasa lengket karena minyak tubuh itu bisa dihempas dengan mandi. Habis mandi langsung terasa segar banget!
  2. Memperbaiki Suasana Hati
    Saya akui banget dengan mandi pagi, badan langsung terasa segar dan merasa begitu siap menghadapi hari. Suasana hati saya pun biasanya jadi lebih baik setelah mandi, apalagi dengan sabun yang wanginya disukai. Tak lupa rampungkan ritual dengan lotion favorit.
  3. Menyapu Rasa Ngantuk
    Rasa ngantuk di pagi hari wajar banget kalau kuat ya. Tapi kalau sudah mandi setidaknya sebagian besar rasa ngantuknya tersapu. Ini karena mandi dengan air dingin, badan yang masih terbuai kasur langsung bangun. Ngantuk pun menyingkir perlahan. 

Bekal manfaat yang saya rasakan sejauh ini tiga di atas itu. Tapi semua itu membantu saya untuk menghadapi hari dengan kondisi prima. Bahkan sekarang saya tak bisa lega atau tenang jika berkegiatan tanpa mandi terlebih dahulu, padahal kerjaannya cuma ngurus rumah saja. Suasana hati yang baik benar-benar mempengaruhi saya seberapa cepat menyelesaikan pekerjaan hingga petang nanti.

Trik dan Tips Mandi Pagi

Tentu saja saya juga mengalami pagi hari dan merasa โ€œaduh malas mandiโ€ dengan sederet alasan yang terpikirkan di kepala. Namun biasanya beberapa hal saya coba ubah dan sesuaikan agar prosedur mandinya bisa terlaksana bagaimana pun juga.

Photo by Karolina Grabowska from Pexels

1. Kenali Tujuan Mandi Pagi

Duileh, iya ini mau mandi saja kita harus kembali mengingat apa saja manfaat yang dirasakan setelah membasuh diri. Ini penting sih, kalau lagi malas karena terlanjur bau kasur. Saya akan mengingat-ingat manfaat di atas tadi, bahwa tak ada yang sia-sia dari mandi pagi.

2. Menggunakan Produk Favorit

Saya merasa kurang bersemangat jika aroma sabun yang dipakai bukan yang disukai. Oleh sebabnya, saya cukup ribet beli sabun mandi. Kadang aroma sabun mandi bisa mengubah suasana hati, seperti jika segar banget bisa membuat semangat, atau wangi manis membuat tenang. Sabun muka pun saya perhatikan mana yang membuat wajah tidak kering selepas mandi. Atau puff mana yang menghasilkan busa terbanyak. Hal-hal di kamar mandi diperhatikan agar tidak membenci mandi.

3. Mempercepat Waktu Mandi Saat Dingin

Jika sebelumnya mandi itu identik dengan waktu yang lama, makanya jadi malas untuk dikerjakan. Kalau saya sih untuk mandi pagi biasanya waktunya saya singkat. Kita hanya fokus membasuh badan dengan sabun, saya pakai puff berbusa agar cepat membalur sebadan. Basuh diri pun cepat-cepat atau tidak dibasuh langsung ke sikat gigi dan cuci muka, nanti semua bilas di akhir. Kalau air dingin dan cuaca dingin, saran saya jangan lama-lama mandinya.

4. Menggunakan Shower

Pancuran air atau shower di kamar mandi punya beberapa manfaat untuk saya. Memang konsumsi air jadi lebih sedikit. Selain itu saya bisa lebih cepat proses mandinya karena membasuh diri bisa sekalian sikat gigi atau cuci muka. Air dari shower yang tak terlalu kencang menyapa badan saat dingin pelan-pelan membawa kesadaran diri, kalau pakai gayung biasanya kaget sebadan dingin.

5. Tidak Menyanyi di Kamar Mandi

Bukan karena larangan agama, tapi kelamaan kalau sama nyanyi. Dari pada nyanyi, saya mending sekalian nyikat tembok kamar mandi, sekali dayung ada dua kegiatan berfaedah. Kalau sambil nyanyi di pagi hari, saya rasa akan semakin lama mandinya dan bisa mengganggu pengguna lain yang ingin segera mandi juga. Kalau mau nyanyi ya nanti mandi sore atau malam saja.

Photo by Content Pixie from Pexels

Kalau di saya, manfaat tadi begitu berpengaruh. Karena tubuh telah disiapkan dengan mandi, suasana hati juga sudah siap setelah mandi. Sehingga saya siap mengerjakan banyak daftar pekerjaan yang tak kelar-kelar. Biasanya untuk memacu lebih lagi semangat di pagi hari, saya luangkan waktu untuk merias diri, menulis planner, dan menengguk kopi.

Saya sudah mencoba jauh sekali perbedaan yang dirasakan jika berkegiatan seharian dengan menunda mandi pagi dengan mendahulukan mandi pagi. Biasanya kalau tidak mandi saya mudah tersinggung dan kerap menunda lagi.

Apabila kamu merasa menghadapi kesulitan semangat, emosian, atau banyak menunda. Coba deh mulai harimu dengan mandi dan berdandan rapi terlebih dahulu. Semoga bisa membantu memecahkan masalah kemalasan kamu ya ๐Ÿ™‚

2 comments
    1. Sebenernya aku penasaran ini sih mas, kalau di luar sana apakah orang Indo masih menerapkan mandi pagi pas musim dingin? Ternyata ada yang masih mandi pagi juga ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You May Also Like
Read More

30DBlog: 5 Blog Favoritmu

Sebenarnya saya sudah lama tidak menjamah blog dan melakukan kegiatan blog-walking. Saya sedang berjuang aktif lagi. Namun jika…
Read More

30DBlog: Momen Kebanggaan

Apa momen kebanggaanmu? Sekali lagi topik pembahasan yang membuat saya agak berpikir keras, menelaah setiap kejadian-kejadian di masa…